Wednesday 13 March 2013

BERIKANLAH SENYUMAN



Jangan meremehkan pemberian meski itu hanya sebuah senyuman. Senyuman tulus bisa membuat orang lain merasa dihargai. Senyuman tulus bisa membahagiakan orang lain, bahkan senyuman tulus bisa menjadi kunci kesuksesan seseorang.
“Senyummu ke wajah saudaramu adalah sodaqoh”. (Mashabih Assunnah)
“Jangan meremehkan sedikitpun tentang makruf meskipun hanya menjumpai kawan dengan berwajah ceria (senyum)”. (HR. Muslim)
Tiap-tiap amalan makruf (kebajikan) adalah sodaqoh. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu. (HR. Ahmad)
Perusahaan-perusahaan besar selalu menganjurkan senyum kepada para karyawannya. Siapa tidak kenal Walt Disney, perusahaan Film Animasi ini terkenal hingga ke seluruh dunia. Anda mengaku orang dewasa, namun anda pasti kenal dengan film anak-anak seperti Mickeymoush, Donalduck, atau  Tweety. Film-film lucu itu mendunia berkat kreatifitas Walt Disney ini. Namun ternyata, bukan sekedar karena kreatifitas yang membuat produk-produknya dikenal orang-orang—karena falsafah di perusahaan itu yang mengharuskan karyawannya untuk memberikan senyuman.
“Kita mencari orang-orang yang menaruh senyum pada suara-suara mereka. Ini sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Selama ini, para karyawanlah yang membuat Disney seperti apa adanya sekarang. Contohnya, pembersih jalan-jalan dan penghias taman di taman-taman Disney paling banyak mendapatkan pertanyaan. Mereka harus bisa memberi jawaban dengan sebuah senyum di wajah mereka. Kita haus ingat bahwa kita berada dalam bisnis yang ramah kepada orang-orang. .” Kata Tony Altobelly, salah satu orang penting dari perusahaan itu.
“Senyummu di hadapan saudaramu adalah sedekah” Sabda Rasululloh Saw.
Sembilan dari sepuluh orang yang baru Anda temui akan langsung mencintai dan menyaukaimu, jika pada detik pertama Anda bertemu dengannya, Anda berikan senyuman kepadanya. Lihatlah, mereka akan langsung menyukaimu, dan membalas senyumanmu. Ini menjadi salah satu cara menciptakan kesan baik tentangmu di hadapan orang lain.
Namun satu hal perlu dicatat. Bukan balasan senyuman mereka yang kita harapkan. Yang kita harapkan adalah kebahagiaan dalam hati mereka, yang dengan begitu, Alloh akan menyukai kita karena berhasil memberikan kebahagiaan kepada orang lain. “Amalan yang paling utama adalah memasukkan kebahagiaan ke dalam hati orang mukmin.”

No comments:

Post a Comment