Thursday 7 March 2013

BERSEGERALAH MERAIH SURGA




Mumpung masih ada kesempatan, berilah sebanyak-banyaknya, sebelum datang suatu masa di mana manusia sudah tidak lagi membutuhkan pemberian. Nabi pernah mengingatkan, suatu hari setelah dekat kepada hari kiama, akan datang suatu masa, di mana orang berjalan dari ujung timur ke ujung barat mencari orang yang ingin dia beri, namun dia tidak mendapatkan seorang pun yang mau menerimanya, karena semua sudah hidup berkecukupan, tidak butuh lagi pemberian dari orang lain. Sebelum datang masa itu, cepatlah sekarang kita banyak-banyak memberi.
Cepatlah, dan jangan pernah ragu. Jangan khawatir kehabisan, lihatlah, bukankah Alloh Maha Kaya. Lihatlah sekelilingmu, dan hargakan semuanya, tidak akan terukur dengan harga berapapun, dan semua itu bukan milik manusia, manusia hanyalah ‘aku-aku angga’, demikian kata orang Sunda. Hanyalah pengakuan semu belaka. Itu semua milik Alloh, yang jika Alloh mau, Dia berikan semuanya kepada kita. Lha Dia kan yang punya.
Dan kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi, dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum Anda dan (juga) kepada Anda; bertakwalah kepada Allah. Tetapi jika Anda kafir maka (ketahuilah), sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji. (Annisa: 131)
Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul[593], oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika Anda adalah orang-orang yang beriman."(Al-Anfaal: 1)
Katakanlah: "Kepunyaan siapakah apa yang ada di langit dan di bumi." Katakanlah: "Kepunyaan Allah." Dia telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang[462]. Dia sungguh akan menghimpun Anda pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya. Orang-orang yang meragukan dirinya mereka itu tidak beriman. ( Al-An’am: 12)
Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang Anda kerjakan.( Ali Imran: 180)

No comments:

Post a Comment