Thursday 14 March 2013

SEKALI LAGI, DUNIA TERCIPTA UNTUK MELAYANI MANUSIA



Pernyataan ini saya ulang-ulang karena saking pentingnya.
Manusia tercipta bukan untuk menjadi pelayan dunia, sebab dunialah yang tercipta untuk melayani manusia. Manusia hanya tercipta untuk mengabdi kepada Alloh, dan rizki dia sepanjang hidupnya telah Alloh jamin dengan terciptanya dunia ini. Manusia hanya diperintahkan untuk mengingat-Nya, shalat, berbuat baik kepada sesama karena Alloh, dan sebagainya, dan biarlah tentang kebutuhan-kebutuhannya Alloh telah menjaminnya.
Akan tetapi jika kenyataan yang terjadi adalah manusia yang malah menjadi pelayan dunia—waktu,  harta, tenaga, dan pikirannya dikerahkan untuk mengejar dunia, maka yang akan terjadi, bukannya dunia itu melayani, justeru dunia itu akan menjauh, sebab tidak sesuai dengan tujuan diciptakannya.
Jika Anda belum yakin bahwa dunia tercipta untuk melayani manusia, baca, baca dan baca lagi ayat ini berulang-ulang, kemudian ambillah pengertian darinya: ”Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk Anda dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”(Al-Baqoroh: 29)
Perhatikan baik-baik kalimat:”Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk Anda...” artinya bukan kita yang tercipta untuk segala sesuatu di muka bumi, namun segala sesuatu dimuka bumi inilah yang tercipta untuk kita. Bukan kita yang tercipta untuk melayani dunia melainkan dunia yang tercipta untuk melayani kita. Maka, jika ingin mendapatkan kemudahan hidup, jangan pernah menjadi pelayan dunia.
Manusia hanya diperintahkan untuk mengabdi kepada Alloh. Itulah tujuan terciptanya dia. “Dan tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mengabdi kepada-Ku. Aku tidak menghendaki mereka memberikan rizki, tidak pula Aku menghendaki mereka memberi makan kepada-Ku.”

No comments:

Post a Comment