Thursday 14 March 2013

CARILAH HANYA RIDHO ALLOH



Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tujuh macam orang yang akan dilindungi Allah pada hari yang tidak ada lindungan kecuali lindungan-Nya - kemudian ia menyebutkan hadits dan didalamnya disebutkan - orang yang bersedekah dengan sedekah yang ia tutupi sehingga tangannya yang kiri tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya." Muttafaq Alaihi.
Yang kita cari dalam keseharian kita hanyalah Ridho Alloh, bukan yang lain. Bagi kita, kerja bukanlah mencari uang, dagang bukanlah mencari uang, menjadi tukang ojek bukanlah mencari uang, menjadi guru bukanlah mencari uang, mengajar bukanlah mencari uang, pidato bukanlah mencari uang, semua itu kita kerjakan untuk mencari ridho Alloh. Keuangan bagi kita bukan masalah lagi, keuangan kita senantiasa mudah dan dilancarkan Alloh.
Bagi kita yang cinta memberi, kerja dilakukan hanya karena ingin memberi. Tidak ada harapan mendapatkan imbalan dari manusia. Mengajar bukan karena ingin digaji, berdakwah bukan karena ingin mendapatkan amplop, kerja memeras tenaga bukan karena ingin mendapatkan upah, tetapi semua itu dilakukan karena ingin memberi. Memberi kemanfaatan sebanyak-banyaknya kepada orang lain.
Bagi kita, kerja dan mencari uang itu urusan yang berbeda. Hidup kita tidak pernah dipusingan mencari uang. Hidup kita hanya disibukkan dengan membelanjakan uang. Inilah salah satu sisi menyenangkan dari menjalani hidup sebagai pemberi, kita tidak perlu memikirkan bagaimana mencari uang, kita hanya perlu memikirkan bagaimana caranya membelanjakan uang. Kita hanya perlu mengusahakan, supaya uang yang ada pada tangan kita dibelanjakan ke jalan Alloh.
Coba, bukankah ini sebuah cara hidup yang sangat menyenangkan? Coba pikirkan sekali lagi, bukankah ini sebuah cara hidup yang menyenangkan? Kalau tidak percaya, silahkan coba Anda sendiri bandingkan, lebih menyenangkan mencari uang atau lebih menyenangkan membelanjakan uang?
Tentu saja lebih menyenangkan membelanjakan uang. Enak bukan, jika keseharian hidup kita hanya belanja dan belanja. Kalau hidupmu ingin seperti itu, belanjakanlah uangmu di jalan Alloh. Jadilah manusia pemberi!
Makanya, kalau Anda ingin menjadi orang yang kerjanya bersenang-senang, yang kerjanya hanya membelanjakan uang, belanja dan belanja, shoping dan shoping, jadilah seorang yang senang memberi. Belanjakan uangmu di jalan Alloh, berikanlah untuk sedekah, jariyah, kepada pengemis, kepada anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan tidak usah Anda pusingkan ke mana Anda akan mencari lagi uangmu, sebab ada Alloh Yang Maha Memberi Rezeki. Dia lah yang akan memberi uang kepada kita.
Cara kita mencari uang sungguh sangat mudah. Cara kita mencari uang adalah dengan sedekah. Kerja bagi kita bukan untuk mencari uang, kerja adalah untuk memberikan kemanfaatan kepada sebanyak mungkin orang. Kita bekerja karena ingin memberi.

Maafkan saya terlalu banyak bicara kepadamu dalam bab ini. padahal sebenarnya yang ingin saya sampaikan ringkas saja, jika Anda ingin menjadi manusia pemberi, inilah yang harus Anda lakukan: MEMBERILAH.


No comments:

Post a Comment