Thursday 7 March 2013

SEGERALAH BERSEDEKAH, MEMBERILAH DENGAN CEPAT DAN MUDAH



Robert Chooper menceritakan pengalamannya hingga ia menjadi juara renang. Dan dia mengatakan, kemenangan itu dia dapat karena sebuah nasihat kakeknya tentang seorang juara renang.”Dia bergerak dengan cepat dan mudah. Yakni Anda meluncur di air nyaris tanpa perjuangan.” Setelah mendapat pelajaran itu, Robert berlatih dan berlatih sampai dia menjadi juara, dan kemdian dia berkata: ”Melalui itu semua saya belajar bahwa bergerak dengan cepat dan mudah tdak hanya berlaku di air. Gerak cepat itu juge berlaku di kehidupan. Kita memiliki akses besar menuju kemampuan kita dan potensi kita yang belum dimanfaatkan jika kita menjaga anergi kita tetap tinggi serta menglirkan usaha-usaha kita dengan cepat dan mudah.”
Ini kunci lain menggapai kesuksesan dalam hidup, yakni bergerak dengan cepat dan mudah. Sekali lagi, saya akan menulisnya dengan huruf-huruf  kapital, BERGERAK DENGAN CEPAT DAN MUDAH. Dan sedekah adalah sebuah gerakan menuju kaya dengan cepat dan mudah.
Hidup ini terlalu singkat untuk dipakai mengejar kekayaan dengan cara biasa. Banyak orang menghabiskan waktunya untuk memperbanyak harta, memperluas tanah, mengumpulkan uang, dan itu nyaris dia lakukan siang dan malam, dan setelah uangnya terkumpul, dia pun meninggal dunia. Jangankan mobil, bahkan uang logam lima ratus rupiah saja tidak dibawanya. Sudah hidupnya lelah mengejar harta, eh sudah mati hartanya tidak dibawa. Hidup ini terlalu singkat untuk dipakai mengejar harta kekayaan dengan cara biasa.
Jangan dengan cara yang biasa, lakukanlah dengan cara yang luar biasa, yaitu dengan gerak cepat dan mudah, yaitu dengan sedekah. Tinggal memberikan apa yang sudah kita terima dari karunia Alloh, kepada orang yang membutuhkannya, kemudian setelah itu, sudah...tinggal menantikan berkahnya. Bergeraklag dengan cepat dan mudah, jangan terlalu banyak mikir, jangan terlalu banyak pertimbangan. Jika kita ingin cepat mendapatkan kekayaan melimpah dari Alloh, cepat jugalah kita melaksanakan apa yang diperintahkan-Nya.
Perhatikanlah Dia di dalam Al-Qur'an menyeru untuk bersegera meraih ampunan-Nya, dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Dan cara bersegera meraih surga itu Alloh jelaskan pada ayat berikutnya, yakni dengan berinfak di waktu lapang dan sempit. Artinya, jika ingin cepat kaya, berinfaklah tanpa mengenal keadaan. Dalam keadaan kaya atau miskin, lapang atau sempit, dalam keadaan kita membutuhkan atau tidak membutuhkan, berinfak tetap harus kita lakukan. Bersegeralah dan jangan hiraukan apapun, bergeraklah dengan cepat dan mudah.
Kau raba di sakumu ada dua lembar uang seribuan, segera cari seseorang, misalnya anak-anak, dan berikanlah uang itu kepadanya. Berikanlah dengan cepat dan mudah, dengan sikap akrab sambil tersenyum. Kau temukan orang tuamu sedang kesusahan mengerjakan sesuatu, jangan menunggu disuruh, dekatilah dan sedekahkanlah tenagamu kepadanya. Alloh telah memberimu tenaga dengan cuma-cuma, tanpa harus kau beli, infakkanlah, sedekahkanlah kepada orang tuamu, supaya Alloh memberi keberkahan pada tenagamu. Tanyakanlah temanmu sesama penuntut ilmu, kitab atau buku apakah yang dia butuhkan, dan setelah dia menyebutkan nama sebuah kitab, segeralah berikan dia kitab itu dan berikan kepadanya.
Jangan pernah ragu memberikan uangmu untuk bersedekah—jangan khawatir kebutuhanmu nanti tidak tercukupi. Harta itu milik Alloh, termasuk dunia dan seisinya,maka apa sulitnya bagi Alloh memberikan kebutuhan kita ketika kita nanti membutuhkannya.

No comments:

Post a Comment