Thursday 7 March 2013

BERSIHKAH DULU NIATMU



Amatlah mudah bagi Alloh menjadikan kita kaya. Apa susahnya bagi dia? Semua yang ada di muka bumi ini milik-Nya. Akan tetapi Dia Maha Tahu, kta belum siap menerima kekayaan yang melimpah.  Dia Maha Tahu, jika kita memiliki harta berlimpah, mungkin saja kita malah melampaui batas di muka bumi.
“Dan kalau Alloh melapangkan rezeki bagi hamba-hamba-Nya, niscara mereka melampaui batas di bumi. Makanya Dia menurunkan apa yang Dia kehendaki dengan ukuran-Nya. Sesungguhnya, Dia Mah Mengetahui lagi Maha Melihat terhadap hamba-hamba-Nya.(QS Asy-Syura (42):27).
Kita menginfakkan harta yang banyak, lalu kira mengira setelah itu akan mendapatkan balasan lebih banyak lagi, namun kemudian nyatanya tidak, keadaan kita malah semakin berkurang, setelah diinfakanuang malah semakin habis, dan tidak ada itu rizki berlipat ganda. Itu bukan berarti Alloh menyalahi janji-Nya, sebenarnya musah saja bagia Dia melimpahkan uang sebanyak mungkin kepada kita, namun Dia Tahu seberapa besar tingkat kesiapan kita menerimanya.
Periksalah keadaan hati, adakah ketika mendapatkan kemudahan rizki dari Alloh kita merasa sombong, adakan hati kita memandang rendah kepada orang lain, adakah hati kita pernbah berkata:”Kebanyakan manusia itu pelit, mereka bodoh, tidak tahu agama, makanya mereka sayang kepada hartanya, tidak mau menginfakkanya, makanya mereka miskin.” adakah di hati kita bisikan seperti itu? Jika masih ada, maka apa yang bakal terjadi jika Alloh memberi kita rezeki lebih banyak lagi? mungkin kita akan lebih sombong dan angkuh.
Adakah di dalam hati kita keinginan, bahwa jika kita banya uang, kita akan bermegah-megahan di tengah manusia, untuk merendahkan mereka, untuk supaya semua orang mengabdi dan merendahkan diri kepada kita, adakah di dalam hati kita sebuah rencana untuk membalas rasa sakit hati kepada orang yang selama ini angkuh kepada kita, yang setelah kita kaya nanti kita akan balas angkuh kepadanya.
Ataukah ada di hati kita sebuah keinginan, setelah banyak uang itu, ingin kita tinggalkan istri kita, dan mendekati seorang wanita cantik, memikatnya dan menikahinya dan bermegah-megahan dengannya? Jika keinginan itu, dan semua keinginan di atas masih ada di hati kita, hati-hati, kalau bisa buanglah segera, mungkin itulah yang menghalangi rizki melimpah dari Alloh datang kepada kita.

No comments:

Post a Comment