Wednesday 13 March 2013

RAKUSLAH BELAJAR DAN BERIKANLAH PENGETAHUANMU



“Ia yang mempunyai informasi terbanyak, akan sukses dan gemilang dalam hidup” Disraeli
Rakuslah mencari ilmu, karena Anda ingin memberikan ilmu itu kepada orang lain. Bersemangatlah belajar karena Anda ingin memberi banyak manfaat kepada sebanyak mungkin orang. Bersemangatlah, dan teruslah cari cara belajar terbaik, tercepat, dan ter-asyik. Jangan hanya satu macam, gunakan berbagai macam tehnik belajar.     
Jangan hanya dengan membaca, jangan hanya dengan mendengar, jangan hanya dengan menulis, tapi belajarlah dengan cara lainnya. Ada begitu banyak cara belajar.  Anda bisa belajar dengan cara meneliti, melakukan percobaan, riset, menganalisis, kolaborasi, persepsi, afiliasi, logika, eksperimentasi, kultural, imajinasi aktif, bertanya kepada ahlinya, membuat pengalaman baru, berpikir kelompok, mencari contoh-contoh prilaku emosional, dan sebagainya.
Ilmu juga dapat diperoleh dengan cara membaca orang dan mengkaji berbagai keunikan mereka. Kata Lord Chesterfield: Belajar dapat diperoleh dengan membaca buku, akan tetapi belajar yang jauh lebih penting, pengetahuan tentang dunia, hanya diraih dengan membaca orang dan mengkaji berbagai edisi mereka.
Jika Anda seorang yang senang membaca novel, saya beritahu, sebenarnya, novel paling mengasyikan untuk dibaca adalah kisah kehidupan manusia. Perhatikan teman-temanmu. Setiap orang punya keunikan tersendiri. Setiap orang punya kisahnya tersendiri, dekatilah mereka, biarkan mereka bercerita tentang dirinya, jangan pernah memotong curhat mereka, biarkan mereka membuka dirinya, rahasianya, hal-hal paling sensitif dari dirinya, perasaan terdalamnya, dan belajarlah dari kehidupan mereka. Mendapatkan pengalaman tidak harus dengan mengalaminya sendiri, mendapatkan pengalaman juga bisa dengan belajar dari pengalaman orang lain.
Pada hakikatnya, belajar adalah memanfaatkan segala sumber daya yang Anda miliki, di dalam atau di luar dirimu, untuk perkembangan hidupmu, yang nantinya, bisa Anda manfaatkan untuk perkembangan dunia.
Belajarlah yang rakus, untuk Anda amalkan, untuk Anda berikan kepada orang lain.

No comments:

Post a Comment